Jumat, 19 November 2010

kesucian hati

Diposting oleh sahlaini fadhilah di 10.14

... subhanallah Maha suci Allah,, yang bisa mensucikan apapun...


Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash, beliau berkata, “Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, ‘Siapakah orang yang paling utama?’ Beliau menjawab, ‘Setiap orang yang bersih hatinya dan benar ucapannya.’ Para sahabat berkata, ‘Orang yang benar ucapannya telah kami pahami maksudnya. Lantas apakah yang dimaksud dengan orang yang bersih hatinya?’ Rasulullah menjawab, ‘Dia adalah orang yang bertakwa (takut) kepada Allah, yang suci hatinya, tidak ada dosa dan kedurhakaan di dalamnya serta tidak ada pula dendam dan hasad.’” (Dikeluarkan oleh Ibnu Majah 4216 dan Thabarani, dan dishahihkan oleh Imam Albani di dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah).

ibnu qayyim berkata “Jenis hati yang ada hati yang sakit, yaitu hati yang hidup namun berpenyakit. Dengan begitu, di dalam hati tersebut terdapat dua unsur, di mana unsur yang pertama terkadang mengalahkan yang kedua dan begitu pula sebaliknya. Sedangkan hati sendiri akan mengikuti yang menang di antara keduanya.

Di dalam hati tersebut terdapat perasaan cinta dan iman kepada Allah, ikhlas dan bertawakkal hanya kepada-Nya. Semua itu merupakan unsur kehidupan hati. Namun, di dalam hati tersebut juga terdapat perasaan cinta kepada syahwat, lebih mementingkan syahwat dan berupaya untuk memperturutkannya, dan terdapat pula rasa hasad, sombong, ujub, dan ambisi untuk menjadi orang yang paling unggul, serta bertindak semena-mena di muka bumi dengan kekuasaan yang dimiliki. Semua itu merupakan unsur yang akan membuat diri hancur dan binasa.”

Beliau juga berkata, “Karena itu, surga tidak bisa dimasuki oleh orang-orang yang berhati kotor, dan tidak pula bisa dimasuki oleh orang yang di hatinya terdapat noda-noda dari kotoran tersebut. Barangsiapa yang berusaha untuk mensucikan hatinya di dunia, lalu menemui Allah (mati) dalam keadaan bersih dari najis-najis hati, maka dia akan memasuki surga tanpa penghalang. Adapun tentang orang yang belum membersihkan hatinya selama di dunia, maka jika najis hati tersebut najis murni -seperti hatinya orang-orang kafir-, maka dia tidak bisa masuk surga sama sekali. Dan jika najis tersebut sekadar noda-noda yang mengotori hati, maka dia akan memasuki surga tersebut setelah dia disucikan di dalam neraka dari najis-najis tersebut.”

"Maha suci Allah,, dan Maha Kuasa Allah...
ya Rabb,, bagaimana dengan hamba ini,,,.. sering melakukan dosa.. ada rasa angkuh,, sombong.. iri..,merasa paling benar,, paling pintar,semuanya .. Ya Raabbbi... ,, itu telah mengotori hati Hamba,, hamba takut jika noda itu gagal hamba bersihkan dan tidak bisa hilang.. Hamba takut jika nanti Engkau bertanya.. apa yang bisa hamba jawabb??..
Ya Allah.. berilah petunjukk pada hamba.. dan berilah hamba kemudahan dalam mencapainya.. ammin Allahumma aminn..



*terimakasih untukartikel muslim.or.id yang telah memberikan saya pencerahan..

0 komentar:

Posting Komentar

 

"sepanjang pembelajaranku.. Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei