Sabtu, 24 November 2012

Klinik Khitan Empunya Mahasiswa

Diposting oleh sahlaini fadhilah di 22.38
Salam.., :) apa kabarnya kah?..:
-Kali ini dila pengen berbagi cerita tentang kegiatan dikampus biru *maksudnya.. ;)

nah .. ada suatu wadah "Program Mahasiswa Wirausaha" dari Dikti yang setiap tahunnya membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin berwirausaha untuk dibiayai. Alhamdulillah dila diajak bergabung dalam tim yang ingin membuka usaha "Klinik Khitanan" , personilnya Joandre Fauza sebagai konselor (2008), M.Ardaris al-Hudri bagian SDM (2009), Anissudin bagian Adm dan inventaris (2009), M. Azmi Agung ketua (2010), andriansyah bagian marketing(2010) dan terakhir yup saya sendiri wanita satu2nya yg bertugas menyimpan keuangan.

Proses pertama pembuatan proposal untuk bisa membangun klinik beserta isinya, permohonan senilai 40.000.000 . Dari seluruh fakultas di universias Unimal ada 40 tim yang mengajukan proposal wirausaha, seleksi proposal pertama meloloskan 28 Tim termasuk Tim dila alhamdulillah.

Proses kedua wawancara , oleh tiga tim penguji mulai dari segi keuangan dan manajemen, bidang hukum, dan yang terakhir pemasaran.., huaaa *tuing2 kebingungan mahasiswa yang hanya belajar tentang ilmu manusia harus menguasai ilmu ekonomi, akutansi, dkk.. 2#$% namun alhamdulillah kita masih lolos dibabak kedua, dan kalau ndak salah ada 16 kelompok yang berhasil ..

Proses ketiga,,. kita udah bs senyum2 sedikit akhirnya mengikuti workshop kewirausahaan .. acaranya dibulan puasa dan selama mengikuti kantuk ga mau pergi ditambah pembahasan materi yang ga bisa dila pahami.., Rabbku kemana aja dila wkt belajar ekonomi setahun disma.. T.T .. dan diakhir sesi ternyata panitia mengumumkan bahwa setiap tim harus membuat bisnis plan dan rancangan anggaaran biaya (RAB).. aduhhh!! ini musibah ., yap dila kebagian tugas membuat rancangan anggaran dana

Nyampe dirumah muter otak , alhamdulillah teman2 tim dan mamak banyak membantu.. pelan2 dila yang buta ekonomi mencoba bisa membuat rancangan arus kas,rencana profit rugi, rencana pinjaman dana dari mulai investasi juga modal kerja , dkk. alhamdulillah bisa terselesaikan juga bercampur deg-degan takut RABnya salah.. hopeless..

And finally.. pengumuman "selamat kepada tim klinik khitan berhasil lulus program mahasiswa wirausaha" akhirnya *pyyuhhh Rabb thanks sebesar-besarnya.. kira2 tahun 2012 ini ada sekitar 14 kelompok yang memenangkan PMW *congrats kawan-kawan :D

Terakhir adalah melobi dana.. biaya yang diberikan tidak penuh seperti yang kita ajukan,, dana yang diberikan hanya untuk usaha bisa dijalankan saja .. ini dikarenakan dana dari dikti harus dibagi2 ke 14 kelompok yang menang.. kita sudah mempersiapkan strategi , target 18 juta harus bisa ditangan.., semangat kawannn* .. tapi ternyata pada saat hari H , kita dipanggil masuk ruangan dan langsung ditawar "untuk usaha klinik khitan kalian kalau dananya 20 juta cukupkah??" *oh God itu diatas target kita dan hasilnya kita jadi kikuk ingin meminta lebih lagi. jadi Prosesnya melobi dananya cepat kita pulang senyum sumringah.., segala puji bagi Mu ya Rabb. dan ternyata besoknya setelah dilobi lagi oleh azmi kita memenangkan dana 24 juta ..

Hingga sekarang kita bisa berwirausaha klinik untuk khitanan yg bekerjasama dengan klinik sehat Al-Qaaf yg memberikan kami satu ruangan untuk menjalankan usaha dengan prnsip bagi hasil yang bnyk menguntungkan pihak kami *maklum mahasiswa.. :)

(ruang khitan)







(alhamdulillah, setelah selesai semua kita ada syukuran kecil-kecilan)

trimakasih bnyk ya .., sekian dari dila .. have lucky today :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

"sepanjang pembelajaranku.. Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei